Cara Membuat Bonsai Adenium

Bonsai Adenium

Tentunya terdapat banyak cara membuat bonsai salah satunya adalah bonsai adenium yang kebanyakan para seni pemangkas tanaman sangat menyukai cara membuat bonsai adenium ini. Seperti yang diketahui bahwa, bonsai adenium  ialah cara membuat atau seni menata adenium supaya tampak cantik dan menarik. Tujuannya supaya, setiap orang yang melihatnya akan terkagum dan terpesona dengan keindahannnya. Perkembangan suatu tumbuhan diatur oleh pemiliknya, mulai dari akar, cabang batang dan ranting. Jadi tidak dibiarkan tumbuh alami apa adanya seperti alam bebas. Dalam penanaman adenium adapun tehnik tersendiri, salah penanganan akan mengakibatkan batang adenium membusuk. Nah dibawah ini adapaun cara membuat bonsai adenium, simak beikut ini:

  1. Untuk pemula, anda hendaknya memilih biji indukan adenium atau membeli anakan adenium yang memiliki diameter bongol kira-kira 20 cm yang sudah berbentuk minimal 5 cabang simeteris dan berbentuk mahkota dengan bongol dibagian bawah gemuk dengan cabang batang berwarna hijau.
  2. Tanamlah di media tanah yang agak kering serta terdapat unsur hara yang cukup.
  3. Dalam cara membuat bonsai adenium ini juga hendaklah dilakukan pemupukan secara teratur, dengan pupuk organic/kadang selama 2 bulan sekali. Namun bila menggunakan pupuk kimia dilakukan sebulan sekali.
  4. Kemudian lakukanlah pemangkasan secara rutin, supaya tampil menjadi lebih indah serta bunga tidak berantakan. Dalam pemangkasan dapat menggunakan gunting yang tajam agar dapat menghindari kegagalam disebabakan  luka pada batang yang mengakibatkan pembusukan. Jadi lakukanlah pemangkasan di pagi hari, setelah pemangkasan, semprotkan funisida yang disemprotkan dalam sprayer pada luka setelah pemitingan. Hal tersebut dilakukan dapat menghindari sendawan yang dapat membusukan batang tanaman.
  5. Setelah melakukan pemangkasan, letakkan bonsai tersebut ditempat terbuka agar luka cepat kering.
  6. Dan kemudian hal yang harus diperhatikan yaitu masalah kelembaban media tanam. Anda dapat tempatkan bonsai adenium dibawah sinar matahari penuh denah jarak kurnag lebih 25 cm agar pertumbuhan tidak terhambat.

Nah bagi anda yang hendak mengembangkan cara membuat bonsai adenium, diatas merupakan beberapa cara dalam membentuk bonsai adenium. Selamat mencoba :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *