Cara Membuat Bakalan Bonsai

Bakalan Bonsai

Untuk membeli bonsai yang sudah jadi pastinya kita harus mengeluarkan uang yang cukup banyak, karena harga bonsai yang sudah jadi relatif mahal, bagi para pecinta bonsai kita dapat memperoleh bonsai dengan modal seminimum mungkin. Bonsai dapat kita cari dialam terbuka ataupun dapat kita buat sendiri dari awal, dengan memanfaatkan tanaman bonsai yang sudah ada untuk dijadikan bakalan bonsai, namun yang harus kalian tahu bahwasanya merawat tanaman bonsai membutuhkan ketlatenan dan perhatian yang lebih, apalagi kalau kita menanamnya dari awal pasti akan membutuhkan waktu yang sangat lama sampai bonsai jadi.

Cara membuat bakalan bonsai dapat kita budidayakan sendiri dengan biji, cangkok,enten, okulasi dan stek. Berikut ini akan kami jelaskan masing-masing dari cara membuat bakalan bonsai tersebut :

1. Biji

Biji Bonsai

Budidaya bonsai dari biji merupakan budidaya bonsai yang membutuhkan waktu sangat lama, karena prosesnya yang dari awal sekali. Budidaya dari biji akan mencapai tingkat keberhasilan yang tinggi untuk tumbuh. Untuk lebih jelasnya silahkan baca cara  budidaya bonsai dari biji.

2. Cangkok

Batang Bonsai

Mencangkok adalah salah satu cara pembiakan vegetatif buatan yang bertujuan untuk memperbanyak tanaman yang cenderung memiliki sifat yang sama dengan induknya. Saat mencangkok, kambium pada batang harus dihilangkan agar pembentukan kulit tidak terjadi lagi. Apabila kulit terbentuk kembali, maka batang yang sudah kita hilangkan kulitnya tidak akan tumbuh akar. Sebaliknya, apabila lapisan cambium tersebut bersih, maka hasil fotosintesis akan terkumpul di tempat cambium yang telah dibersihkan dan pertumbuhan akar dapat terangsang dengan cepat. Untuk langkah mencangkok silahkan baca budidaya bonsai dengan cara cangkok.

3. Enten

Cara menyambung tanaman

Mengenten atau yang lebih kita kenal dengan istilah menyambung termasuk perkembangbiakan vegetatif buatan, yaitu perkembangbiakan yang terjadi karena adanya campur tangan manusia. Tujuan mengenten yaitu untuk menggabungkan sifat-sifat tanaman yang baik atau unggul sesuai yang kita inginkan. Pemilihan batang bagian atas pada tanaman lain yang akan disambungkan dipilih dari cabang primer yang besarnya sama dengan batang bawah. Penyambungan kita lakukan dengan menghilangkan sebagian batang tanaman kemudian menempelkannya ke tanaman lain. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar diatas.

4. Okulasi
Okulasi tanaman

Okulasi juga termasuk cara perkembangbiakan vegetatif buatan, tujuannya, untuk meningkatkan kualitas tanaman yang lebih baik dari dua jenis tanaman yang mempunyai keunggulan masing-masing dengan cara menempelkan mata tunas ke batang pohon. Keterangan lebih lanjut baca Budidaya Bonsai Dengan Cara Okulasi.

5. Stek

Stek tanaman

Perkembangbiakan dengan cara menanamkan bagian tanaman tersebuat ke media tanam yang baru, apabila anda ingin mencoba cara ini silahkan saja baca budidaya bonsai dengan cara stek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *