Budidaya Bonsai Dengan Cara Okulasi

Okulasi tanaman
Bonsai dapat dibudidayakan dengan cara okulasai, tujuannya adalah untuk menghasilkan tanaman yang berkualitas tinggi dari dua tanaman yang mempunyai kelebihan masing-masing.

Berikut cara untuk mengokulasi tanaman ;

1. Siapkan mata tunas dari tanaman yang akan dijadikan batang atas. Pertama-tama buat irisan melintang pada kulit bagian atas, kemudian sayat mata tunas tadi dari bagian bawah sehingga mata tunas terlepas dari batangnya. Apabila ada bagian kayu yang terbawa dibuang saja.

2. Batang bawah yang berupa tanaman minimal sudah berumur satu tahun. Batang tanaman bawah dibersihkan kemudian buat irisan melintang 1/3 lingkaran batang, contohnya apabila lingkaran batang 6 cm, maka irisan melintangnya 2 cm, buatlah irisan vertikal dari pertengahan irisan melintang tadi sepanjang 4 cm. Hasil irisannya akan membentuk huruf T. Kedalaman irisan setebal dengan kulit batangnya.Kuakkan kulit di kedua belahan sisi irisan vertikal, di tempat ini mata tunas baru akan ditempelkan.

3. Tempelkan sayatan mata tunas pada bagian irisan yang telah dikuak tadi. Lakukan penyisipan dengan rapi dan hati-hati sehingga mata tunas tepat berada di bagian tengah irisan vertikal.

4. Apabila penyisipan mata tunas sudah tepat barulah diikat menggunakan tali raffia, pengikatan dimulai dari bawah keatas, bagian yang sudah terikat tadi ditutup lagi dengan balutan yang baru supaya balutan rapat dan tidak terkena air. Pada bagian mata tunas jangan ditutupi agar tunas dapat tumbuh.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *