Beberapa Bentuk Dasar Bonsai Indonesia

Siapa sih yang gak tau sama tanaman hias bonsai? Bonsai Indonesia yang begitu sangat digemari hingga jangkauan internasional. Istilah bonsai adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot ukuran dangkal dengan tujuan supaya menjadi miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tidak dialam bebas. Istilah bonsai juga mulanya di pakai untuk seni tradisional Jepang dalam pemeliharaan tanaman atau pohon dalam pot dangkal. Nah dari apresiasi keindahan bentuk dahan, daun, batang dana akar pohon serta pot dangkal yang menjadi wadah atau keseluruhan bentuk tanaman.  Seni dari bonsai ini memang mencakup berbagai tehnik pemotongan dan pemangkasan tanaman, pengawatan serta membuat akar menyebar diatas batu.

Dalam pembuatan bonsai tentunya tidak memakan waktu yang sebentar, pembuatannya memakan waktu yang lama dan melibatkan berbagai macam pekerjaan antara lain pemberian pupuk, pemangkasan, pembentukan tanam, penyiraman dan penggantian pot dan tanah. Begitulah kiranya cara membudidayakan bonsai Indonesia. Memang begitu rumit tetapi mengasikkan bagi kalangan yang hobi membuat tanaman hias khususnya untuk tanaman bonsai ini. Adapun beberapa bentuk dasar dari bonsai Indonesia diantaranya:

1. Tegak lurus.

Bonsai Tegak Lurus

Sebuah pohon dikatakan memiliki batang yang ideal bila pohon memiliki diameter batang yang makin ketas makin mengecil, dimulai dari bagian batangnya yang dekat dengan akar hingga pucuknya.

2. Tegak berkelok kelok.

bonsai Moyogi

Untuk diameter batang makin keatas makin mengecil dengan keseimbanagn kiri dan kanan yang baik, dahan yang baik adalah dahan yang  ada dibagian puncak lengkungan dipotong, sehingga akan membentuk batang pohon berkelok-kelok ke kiri dan ke kanan.

3. Sarung angin.

Bonsai Sarung Angin

Untuk bentuk ini posisi batang dan dahan mirip dengan bonsai gaya setengah menggantung, namun batang dan dahan terlihat membentuk garis parallel.

4. Akar terjalin.

bonsai Takan

Selain itu juga dapaun bentuk dasar bonsai Indonesia yaitu akar dari sejumlah batang pohon satu spesies saling melekat dna berhubungan satu sama lainnya. Sehingga tampak begitu menarik dipandang.

Nah, jadi itulah beberapa bentuk dasar dari bonsai Indonesia yang biasanya dilakukan oleh para pencinta tanaman hias dalam menata atau membuat bonsai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *